Kamis, 22 Mei 2014

Makalah TIK Tentang Menu Dan Ikon



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Microsoft word atau mikrosof office word adalah perangkat lunak pengolah kata (Word Processor) andalan microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama multi-tool word untuk xenik, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai informasi, misalnya DOS (1983), Apple, Macintosh (1984), SCOI UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari microsoft office sistem 2003 dan 2007 diberi nama microsoft office word. Untuk memberikan perintah seperti membuka dokumen atau mencetak dokumen, microsoft word menggunakan menu pada menu bar dan ikon.

B.    
Rumusan Masalah
1.      Apa Pengertian Menu dan Ikon ?
2.      Apa Fungsi Menu dan Ikon ?
3.      Bagaimana Cara Mengatur Format Tampilan Halman ?

C.     Tujuan
1.      Untuk Mengetahui Pengertian Menu dan Ikon.
2.      Untuk Mengetahui Fungsi Menu dan Ikon.
3.      Untuk Mengetahui Cara Mengatur Format Tampilan Halaman.

D.    Manfaat
1.      Manfaat Bagi Penulis
Manfaat bagi penulis dapat mengembangkan teori yang dipelajari tentang Menu Ikon yang terdapat pada Microspft Word.
2.      Manfaat Bagi Pembaca
Manfaat bagi pembaca dapat mengetahui lebih jauh tentang Menu Ikon yang terdapat pada Microspft Word .

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Menu dan Ikon
Menu adalah bentuk perintah yang ditampilkan dalam bentuk simbol teks pada Microsoft Word. Menu di dalam Word terdiri atas sub menu file, edit, view, insert, format, tools, table, window dan help. Di dalam menu-menu tersebut terdapat banyak perintah yang sudah terkategori menurut menu diatasnya.
Ikon atau icon adalah bentuk perintah yang ditampilkan dalam bentuk simbol gambar yang mewakili operasi tertentu. Ikon merupakan simbol yang mudah dikenal oleh pengguna, dan tidak jarang gambarnya disesuaikan dengan karakter perintahnya, misalnya menyimpan file disimbolkan dengan bentuk disket.word lebih banyak menekankan kemudahan pengguna dengan memberikan bentuk ikon yang mudah diatur (customize sesuai dengan kebutuhan pengguna agar layar tidak dipenuhi dengan ikon-ikon yang tidak dipakai.
Ada beberapa menu ikon pada Microsoft Word namun yang sering di gunakan ada 3, yakni :
1.    Kelompok ikon standard digunakan untuk membuat file baru, menyimpan file dan mengaktifkan fungsi-fungsi terkait dengan pengolahan file pada dokumen word.
2.    Kelompok ikon formating digunakan untuk mengatur paragraf pada dokumen word.
3.    Kelompok ikon drawing digunakan untuk menambahkan dan mengedit gambar pada dokumen word.




B.     Fungsi Menu dan Ikon
Tampilan jendela MS.Word 2007
http://sulpa.files.wordpress.com/2011/09/tampilan-word-2007_thumb.png?w=606&h=343
1.      Title Bar
Tittle bar berfungsi sebagai baris judul dan untuk menunjukan nama file yang sedang dibuka.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjRJ6PvJDl12UIYcHY3YLnJCKMI2wng2Htmh8z6K3aSConglKrSRR6vzbMGG_MSOy0Iqc_tZJQHJXOrc549kiFEePxCeGCiRySI2ehtixEJ0-0am0S9bxcFfVss9HBVN7cftdC7p1ghT_c/s1600/LembarKerjaWord2010.gif

2.      Status bar
Status bar berisi informasi tentang dokumen atau file yang sedang diedit, yaitu menunjukan posisi kursor pada halaman yang aktif, jumlah halaman, jumlah kata dalam sebuah dokumen, format bahasa, ikon - ikon views dan slider zoom.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzvSZryFyO_iugLTdjew-8j05jj-KCR7AbeXvS8beixic3PkyznjzHR4AMwauQkvb1wSGb0eQ94F1PEJTsDtWYMDzY_hxly52kIgAQc5plTmBvH6Eg-aD_Gj2CEh5xffJvzd7Svb19scE/s1600/LembarKerjaWord2010.gif

3.      Scroll Bar 
Scroll bar berfungsi sebagai baris penggulung layar, terdiri dari penggulung layar horizontal yang akan menggeser atau menggulung layar ke kiri atau ke kanan.

4.      Dokumen windows atau dokumen area
Dokumen area adalah lembar kerja tempat kita menulis.
5.      Quick Access Toolbar
Berisi ikon - ikon yang digunakan untuk mengakses perintah - perintah umum yang sering digunakan secara tepat.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjV7dHQKoSqYNTnAde0D-H8LaJQ2o3I4vCzP3cK1G02Bzg_zo4LzEaJTbUnV82x18PjV1C3df8bymam7D9es3l2yPsGZlEcFJe2LabvRJUnfftJv9NhLzxMWKJ54l0h5Q0CTz6aFMgJgfo/s1600/2.png


6.      Menu Ribbon
Menu berbentuk pita yang berisi ikon - ikon. Menu ribbon dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu tab, group, dan command. Tab dari ribbon terdiri dari perintah file, Home, Insert, Page Layout, references, Mailings, Review, View, dan Add - Ins.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVo4EvqiNjZ9bi5GQpluNSnvC01tSDuNgN4T0MbZvsHZ2AJ37xehOJlDoWiUfIsyBgF4D2wkZlj58MKSu31_S118cpZhFXsLVwAOEF9ymbd0cF6ncgdZIwltFAAfO1gz0n70rBeGGbs5c/s1600/LembarKerjaWord2010.gif

1.      Menu Home
Terdiri dari 5 Submenu:
a.    Clipboard
Clipboard digunakan sebagai tempat menyimpan sementara apa yang kita copy. Ikon yang terdapat pada sub menu clipboard yaitu:
Nama
Fungsi
Paste
Menyisipkan/meletakkan hasil cut atau copy
Cut
Memotng sebagaian atau seluruh data pada lembar dokumen
Copy
Menyalin data di dalam lembar dokumen atau antar lembar dokumen
Format Painter
Menyalin format yang ada ada clipboard untuk diletakkan pada posisi yang diinginkan

b.   Font
Submenu font diguakan untuk memformat teks yang kita inginkan. Ikon yang terdapat pada sub menu font yaitu:
Nama
Fungsi
Font
Mengubah jenis huruf
Font Size
Mengubah ukuran huruf
Grow Font
Mengubah ukuran huruf menjadi satu tahap lebih besar
Shrink Font
Mengubah ukuran huruf menjadi satu tahap lebih kecil
Clear Formatting
Menghapus semua format yang telah dilakukan, mengembalikannya ke bentuk biasa/polos
Bold
Memberi efek pencetakan tebal pada huruf/teks
Underline
memberi efek pencetakan garis bawah pada huruf/ teks
Italic
Memberi efek pencetakan miring pada huruf/teks
Strikethrough
Memberii efek pencetakan garis tengah yang melalui huruf/ teks
Subscript
Membuat huruf berukuran kecil di bawah garis dasar teks
Superscript
Membuat huruf berukuran kecil di atas garis atas teks
Change Case
Mengubah format teks yang dipilih berkaitan dengan kapitalisasi
Text Highlight Color
Mewarnai teks, seperti penggunaan stabilo
Font Color
Mengubah warna huruf

c.    Paragraph
Submenu paragraph digunakan untuk mengatur efek suatu paragraf. Ikon yang terdapat pada submenu paragraph yaitu:
Nama
Fungsi
Bullets
Mengatur format penomoran dengan simbol
Numbering
Mengatur format penomoran dengan angka
Multilevel List
Mengatur format penomoran dengan format bertingkat-tingkat
Decrease Indent
Menurunkan lekuk paragraf
Increase Indent
Meningkatkan lekuk paragraf
Sort
Mengurutkan teks sesuai abjad atau mengurutkan penomoran
Paragraph Marks
Menunjukkan/ menyembunyikan tanda paragraf
Align Text Left
Mengatur perataan teks rata kiri
Center
Mengatur perataan teks rata tengah
Alight Text Right
Mengatur perataan teks rata kanan
Justify
Mengatur perataan teks rata kiri dan kanan
Line Spacing
Mengubah jarak antr garis teks
Shading
Memberi warna latar belakang pada teks atau paragraf
Border
Memberi bingkai pada teks atau paragraf

d.   Styles
Submenu styles dgunakan untuk mengatur format suatu paragraf. Ikon yang terdapat pada submenu ini adalah:
Nama
Fungsi
Change Styles
Mengubah bentuk, warna, dan huruf yang digunakan pada dokumen aktif
e.   Editing
Submenu editing digunakan untuk mengatur format suatu paragraf. Ikon yang terdapat pada submenu ini adalah:
Nama
Fungsi
Find
Mencari teks pada dokumen aktif
Replace
Mengganti teks pada dokumen aktif
Select
Menyeleksi teks atau obyek pada dokumen aktif

2.      Menu Insert
Menu insert terdiri atas 7 submenu. Yaitu:

a.    Pages
Pages digunakan untuk menyisipkan halaman dengan format tertentu. Ikon yang terdapat pada submenu ini adalah:
Nama
Fungsi
Cover Page
Menyisipkan format halaman sampul
Blank Page
Menyisipkan halaman kosong/ baru
Page Break
Menyisipkan pergantian halaman pada posisi kursor aktif

b.   Table
Tabels digunakan untu menyisipkan tabel pada dokumen aktif. Ikon yang terdapat pada submenu ini adalah:
Nama
Fungsi
Tables
Membuat tabel

c.    Illustrations
Illustrations digunakan untuk menyisipkan obyek lain pada dokumen aktif. Ikon yang terdapat pada submenu ini adalah:
Nama
Fungsi
Picture
Menyisipkan gambar dari file lain ke dalam dokumen aktif
Clip Art
Menyisipkan clip art (gambar yang telah tersedia oleh MS. Word) ke dalam dokumen aktif
Shapes
Menyisipkan bentuk jadi/ bangun yang telah disediakan MS. Word ke dalam dokumen aktif
smart Art
Menyisipkan grafik smart art
Chart
Menyisipkan grafik untuk mengilustrasika dan membandingkan data

d.   Links
Links digunakan untuk menyisipkan tautan pada teks atau bagian tertentu. Ikon yang terdapat pada submenu ini adalah:
Nama
Fungsi
Hyperlink
Membuat tautan ke sebuah halaman web, gambar, e-mail, dan lain-lain
Bookmark
Membantu dengan cepat meompat ke area yang diinginkan
Cross- Reference
Menyisipkan referensi silang

e.   Header & footer
Header & footer digunakan untuk menyisipkan kepala surat/ teks di setiap ats dokumen atau catatan kaki/ teks di setiap bawah dokumen. Ikon yang terdapat pada submenu ini adalah:
Nama
Fungsi
Header
Menyisipkan header
Footer
Menyisipkan footer
Page Number
Menyisipkan nomor halaman

f.    Text
Text digunakan untuk menyisipkan teks lain pada dokumen aktif. Ikon yang terdapat pada submenu ini adalah:
Nama
Fungsi
Text Box
Membuat kotak yang di dalamnya dapat diisi dengan teks
Quick Parts
Menyisipkan bagian-bagian dari isi yang dapat digunakan kembali seperti judul, penulis
Word Art
Menyisipkan teks artistik pada dokumen aktif
Drop Cap
Membuat huruf kapital besar pada awal paragraf
Signature Line
Menyisipkan garis tanda tangan
Date & Time
Menyisipkan tanggal dan waktu berjalan pada dokumen aktif
Object
Menyisipkan obyek lain pada dokumen aktif

g.    Symbols
Symbols digunakan untuk menyisipkan lambang dan rumus pada dokumen. Ikon yang terdapat pada submenu ini adalah:
Nama
Fungsi
Equation
Menyisipkan rumus matematika
Symbol
Menyisipkan lambang-lambang yang telah disediakan Ms. Word




3.      Page Layout
Dalam menu Page Layout terdapat 5 submenu, yaitu:
a.     Themes
Themes digunakan untuk membuat efek tema pada kertas. Ikon yang terdapat pada submenu ini adalah:
Nama
Fungsi
Themes
Mengubah tema dokumen
Themes Colors
Mengubah warna tema dokumen
Themes Fonts
Mengubah huruf dokumen
Themes Effects
Mengubah efek tema

b.     Page Setup
Page setup digunakan untuk mengatur halaman.
c.     Page Bakground
1.
Watermark
Untuk memberi efek transparan di belakang teks pada halaman
2.
Page color
Untuk mengeblok warna pada kertas
3.
Page border
Untuk membordir kertas

d.     Paragraph
e.     Arrange
1

Position
Untuk mengatur posisi objek pada halaman
2

Bring to Front
Untuk membawa objek yg dipilih ke posisi paling depan diantara semua objek
3

Send to Back
Untuk membawa objek yg dipilih keposisi paling belakang diantara semua objek
4

Text Warpping
Untuk mengatur posisi gambar atau objek lain
5

Align
Untuk mengatur perataan objek
6

Group
Untuk mengelompokkan seluruh objek menjadi satu
7

Rotate
Untuk memutar objek yg dipilih

4.      Menu Referencess
Menu References terdiri dari 6 ribbon:
a.        Table of Contents
Nama
Fungsi
Table of contens
Untuk mengolah daftar isi
Add text
Untuk mengolah paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
Update table
Untuk memperbaharui daftar isi

b.        Footnotes1 Footnote dan Endnote
Nama
Fungsi
Insert footnote
Untuk menyisipkan catatan pada bagian bawah halaman atau footer
Next footnote
Untuk memantau footnote dan ednoote
Insert ednoote
Untuk menyisipkan catatn diakhir bab
Show notes
Untuk menampilkan lokasi catatan footnote atau ednoote


c.         Citations & Bibliography
Nama
Fungsi
Insert sitation
Untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
Mnege sources
Untuk mengolah seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan disemua segment file dokumen
style
Untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
Bibliography
Untuk menyisipkan daftar pustaka kedalam file dokumen yang aktif

d.        Captions
Nama
Fungsi
Insert caption
Untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disispkan
Insert table of figures
Untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disispkan kedalam dokumen
Update table
Untuk melakukan pembarusn terhadap daftar katalog gambar
Cross-reference
Untuk menyisipakan referensi silang

e.         Index
Nama
Fungsi
Mark entry
Untuk menandai masukan baru dalam dokumen
Insert index
Untuk menyisipkan daftar kata atau index kedalam dokumen
Update index
Untuk memperbaharui daftar index terkini

f.         Table of Authorities
Nama
Fungsi
Mark citation
Untuk menandai kutipan
Insert table of authorities
Untuk membuat daftar kutipan
Update table
Untuk memperbaharui daftar kutipan

5        Menu Mailings
a.      Create
Nama
Fungsi
Envelopes
Untuk membuat dan mencetak sampul (envelopes)
Labels
Untuk membuat dan mencetak labels

b.      Start mailing merge
Nama
Fungsi
Start mail merge
Untuk membuat surat yang biasa atau berupa e-mail untuk banyak orang
Select recipients
Untuk membuat daftar penerima surat
Edit recipient list
Untuk mengubah daftar penerima surat

c.       Write & insert fields
Nama
Fungsi
Highlight merge fields
Untuk mempermudah mengubah informasi yang salah
Address block
Untuk memasukan alamat pada surat yang akan dituju
Greeting line
Untuk menambah nama sapaan
Insert merge field
Untuk menambah informasi mengenai penerima surat

d.      Preview results
Nama
Fungsi
Priview results
Untuk melihat hasil surat yang dibuat dan daftar penerima surat
Find recipient
Untuk mencari daftar penerima surat

e.       Finish
Nama
Fungsi
Finish & merge
Untuk mengetahui bahwa sura yang dibuat sudah lengkap




6        Menu Review
a.      Proofing
Nama
Fungsi
Spelling & grammar
Untuk membetulkan ejaan dan tata bahasa dalam lembar kerja
Research
Untuk meneliti bahasa, kamus, ejaan dan lain-lain yang ada pada hasil kerja tersebut
Theasaurus
Untu mencari persamaan kata yang dipilih
Translate
Untuk menggantikan kalimat yang dipilih kedalam bahasa lain

b.      Comments
Nama
Fungsi
New coment
Untuk menambah coment baru dari kalimat yang terpilih
Delete
Untuk menghapus coment yang terpilih
Previous
Untuk melihat coment yang sebelumnya
Next
Untuk melihat coment yang selanjutnya

c.       Tracking
Nama
Fungsi
Tracking changes
Untuk mengubah hasil kerja yang telah dibuat, seperti menghapus, memformat dan lain-lain
ballons
Untuk memilih atau melihat hasil kerja yang telah direvisi

d.      Changes


accept
Menerima perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
Reject
Menolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya

e.       Compare


compare
Mengkombinasikan berbagai versi dari dokumen

f.       Protect


Protect document
Untuk melindungi hasil kerja sebagai hasil persendirian (privacy)

7        Menu View

a.      Document views
Nama
Fungsi
Print layout
Untuk melihat hasil kerja yang akan dicetak
Full screen reading
Untuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
Web layout
Untuk melihat hasil kerja di web
outline
Untuk melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan
Draft
Untuk melihat hasil kerja sesuai dengan konsep, sehingga jika slah cepat dibenarkannya

b.      Show/hides
Nama
Fungsi
Ruler
Untuk mrnampilkan penggaris yang digunakan untuk mengukur objek dalam dokumen
Gridlines
Untuk menghidupkan gridlines yang dapat menyelaraskan objek dalam dokumen
Message bar
Untuk membuka tab pesan, untuk menyelesaikan tindakan yang diperlukan pada dokumen
Dokumen map
Untuk membuka peta dokumen yang memungkinkan anda untuk menavigasi melalui pandangan structural pada dokumen
thumbnails
Untuk menavigasi dokumen yang panjang melalui gambar kecil dari setiap halaman

c.       Zoom
Nama
Fungsi
Zoom
Untuk memperbesar tampilan
100%
Untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
One page
Untuk melihat hasil lembar kerja kedalam 1 halaman penuh
Two pages
Untuk melihat hasilm lembar kerja kedalam 2 halaman penuh
Page width
Untuk melihat hasil lembar kerja sesuai dengan lebar halaman

d.      Window
Nama
Fungsi
New window
Untuk membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumen tersebut
Arange all
Untuk mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
Split
Untuk membagi jendela menjadi beberapa panel yangmemperlihatkan lembar kerja anda
View side by side
Untuk memperlihatkan jendela berdampingan
Synchronous scorolling
Untuk membuat 2 jendela menggulung bersamaan
Reset window position
Untuk menset ulang posisi jendela berdampingan
Switch window
Untuk mengalihkan sebuah bermacam termaksud membuka jendela

e.       Macros
Nama
Fungsi
macros
Untuk merekam sebuah makro atau menerima pengaturan makro lainnya




C.     Mengatur Format Tampilan Halaman
    1. Menyisipkan nomor halaman
Penomoran halaman dapat dilakukan secara praktis. Caranya dengan memilih tab menu Insert > page number, kemudian pilih letak nomor halaman sesuai dengan keinginan, sebagai contoh pilih Bottom of page, maka akan muncul pilihan tipe.
    1. Menyisipkan Header and Footer
Fasilitas Header and Footer digunakan untuk membuat catatan kaki, penomoran halaman, dan yang lainnya.Untuk masuk ke bagian ini, pilih Insert kemudian tinggal pilih header atau footer.selanjutnya masukkan text untuk header dan footer. Pada saat mengisi text untuk header atau footer, bagian text utama akan disable, atau berwarna redup dan tidak dapat di edit. Untuk mengedit main text, pilih close headerand footer pada ribbon.

  













BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Pada makalah ini di bahas mengenai dokumen pengolah kata untuk menghasilkan informasi yang didalamnya membahas tentang pengertian menu icon, fungsi menu icon dan mengatur format tampilan halaman. Dalam kehidupan sehari-hari parapelajar atau mahasiswa, para pembuat buku, pengarang novel dalam penyusunannya biasanya akan menggunakan fungsi format tampilan halaman, dan maenggunakan menu-menu dan ikon-ikon yang terdapat dalam mocrosoft word untuk pembuatan makalah dan lain-lain.


1 komentar: